Kenakalan remaja sebagai salah satu masalah sosial di masyarakat

Nama : Errick Ismananto

Kelas: 1KB06

Tugas Ilmu Sosial Dasar


Masa remaja adalah saat dimana seorang anak mulai menjadi dewasa. Dia akan mencari jati diri atau akan menentukan bagaimana ia di masa yang akan datang. Dalam mencari jati diri tersebut sang anak akan mengalami perubahan-perubahan dalam hidupnya seperti sikap dan kejiwaannya. Seorang anak yang baru memasuki masa remaja akan mengikuti dan meniru hal-hal yang sedang populer atau sedang ngetrend untuk mengetahui apakah ia cocok dengan trend tersebut. Yang menjadi masalah adalah apakah hal yang di tiru itu baik atau buruk. Jika hal yang baik ditiru maka tidak akan menjadi masalah, sebaliknya jika hal yang buruk maka akan menjadi masalah dan harus ditangani.
Salah satu masalah sosial yang ada di masyarakat adalah kenakalan remaja. Kenakala remaja memang bukan hal yang langka lagi. Banyak anak-anak yang terlibat berbagai masalah seperti mencoret tembok, berdandan berlebihan, pencurian, pembunuhan, seks diluar nikah, pelanggaran norma sosial, tawuran antarpelajar, mabuk-mabukan, memakai narkoba, dan masih banyak lagi.

Faktor-faktor penyebab kenakalan remaja tersebut, antara lain:
a) Kepribadian diri yang lemah. Seorang anak yang memiliki kepribadian diri yang lemah akan mudah terhasut oleh ajakan orang lain untuk melakukan hal yang tidak baik. Kalau saja anak tersebut kuat dalam kepribadian maka ia akan menolak melakukan hal yang tidak baik
b) Kurang perhatian dari orang tua. Kurangnya perhatian dari orang tua akan membuat seorang anak merasa tidak dianggap dan menyebabkan dia mencari orang-orang yang memperhatikan dia.
c) Pergaulan lingkungan.
d) Pengaruh budaya asing.

Hal-hal yang dapat mengatasi kenalan remaja, yaitu:
a) Keluarga harus lebih memerhatikan anak dan memantau semua kegiatan yang dilakukanya sehingga dapat mencegah hal yang tidak diinginkan.
b) Mencari teman yang memiliki sifat baik untuk bergaul.
c) Mengubah pikiran anak agar sadar dan tidak membuat masalah.

This entry was posted on 01 Oktober 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply