Dialog
adalah proses komunikasi antara 2 atau lebih agen, dalam dialog makna harus
dipertimbangkan agar memenuhi kaidah semantis dan pragmatis IMK, dialog adalah pertukaran
instruksi dan informasi yang mengambil tempat antara user dan sistem komputer.
Desain
Dialog
Proses Perancangan Dialog
- Rangkaian dialog menggambarkan struktur tugas.
- Beberapa rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, misalnya: help system, tutorial sub-sistem.
- Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas.
- Prinsip yang digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut module.
- Biasanya user access bukan merupakan bagian dari task desription, tapi harus dimasukan dalam sistem yang baru.
- Empat hal utama dalam desain yang harus diperhatikan dalam GUI metaphor:
- Representasi
dari obyek interaktif dalam metaphor.
- Perancangan
manipulasi untuk mengimplementasikan user action.
- Desain
micro-metaphor untuk control action dan representasi dari commands.
Dalam mendesain
dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan.
Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah?
- Agar mudah di
analisa.
- Pemisahan
elemen-elemen interface dari logika program (semantik).
- Apabila notasi
dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut bisa membantu
desainer untuk menganalisa struktur yang diajukan.
Notasi Diagramatik
- Notasi
Diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog.
- Kelebihan:
memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog.
- Kekurangan:
sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks.
User Interface Software
Secara umum cukup sulit membedakan antarmuka berbasis
manipulasi langsung dengan antarmuka berbasis interaksi grafis. Pada
program-program yang berkemampuan hypertext, program akan memberitahu
pengguna bahwa pengguna dapat melakukan links ke teks atau dokuman yang
lain. Ketika kursor mouse berada pada teks yang mempunyai link ke
teks lain, maka bentuk kursor biasanya berubah (umumnya berubah menjadi bentuk
tangan menunjuk). Keuntungan dan kerugian teknik antarmuka berbasis interaksi
grafis sama dengan keuntungan dan kerugian teknik antarmuka menggunakan
manipulasi langsung.
Dialoque style
Cara yg
digunakan u/mengorganisasikan berbagai teknik dialog.
Jenis-Jenis Dialog:
1. Command Language
Merupakan
paradigma user interface yang pertama kali. Contoh: MS-DOS shell, UNIX shell, dBase.
Keuntungan:
- Lebih cepat.
- Dapat
melakukan kegiatan meskipun di luar batas.
- Perulangan
- Implementasi
yang mudah dan hemat.
Tujuan:
- Konsistensi.
- Penamaan dan
pemberian singkatan yang baik.
- Melakukan
tugas perancangan dapat membantu meminimalkan kekurangan.
2. WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer)
Berfokus pada
Menus, Buttons, Forms, Icons.
3. Direct Manipulation
Definisi:
- Kesinambungan
tampilan dari objek-objek dan aksi-aksi yang dilakukan.
- Cepat, dapat
dikembalikan, peningkatan aksi dimana efeknya dapat segera terlihat.
- Penggantian
dari sintaks command language dengan manipulasi langsung pada objek.
Keuntungan:
- Mudah
dipelajari dan diingat, khususnya untuk pemula.
- WYSIWYG
- Fleksibel
- Menyediakan
konteks dan tampilan yang cepat dari feedback, sehingga user dapat mengetahui
apakah tujuan telah tercapai.
- Membatasai
beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi.
Kekurangan:
- Penggunaan
seluruh ruang pada layar.
- Harus
mempelajari arti dari komponen-komponen yang tampak pada layar.
- Tampilan
visual mungkin dapat disalah artikan.
- Penggunaan
mouse dapat lebih lambat daripada pengetikan.
- Tidak ada
penjelasan otomatis.
- Tidak bagus
pada: pengulangan, penyimpanan history, tugas tertentu (seperti merubah semua
huruf cetak miring menjadi cetak tebal), variabel.
4. PDA dan Pen
- Menjadi lebih
umum dan penggunaan yang lebih luas.
- Tampilan yang
lebih kecil (160x160 atau 320x240).
- Tombol-tombol
yang lebih sedikit, interaksi melalui “pen” (atau stylus).
- Peningkatan _
wireless, warna, memory yang lebih besar, CPU dan OS yang lebih baik.
- Palmtop vs Handheld.
5. Speech dan Natural Language
Speech (Suara) adalah
getaran pada suara menimbulkan bunyi “ahh”. Mulut, tenggorokan, bibir membentuk bunyi.
Input speech:
- Pengenalan
speaker.
- Pengenalan
suara.
- Pemahaman
bahasa natural.
Natural Language:
- Memberi arti
pada kata-kata.
- Input dapat
berupa suara atau dari keyboard.
Keuntungan:
- Mudah
dipelajari dan diingat.
- Lebih kuat.
- Cepat, efisien
(tidak selalu).
- Layar yang
kecil.
Kekurangan:
- Belum dapat
bekerja dengan baik.
- Mengasumsikan
pengetahuan dari permasalahan.
- Membutuhkan
keahlian pengetikan. Peningkatan tidak terlihat.
- Implementasi
membutuhkan biaya yang mahal.
Sumber:
febriani@staff.gunadarma.ac.id
http://aprezabloggy.blogspot.com/2013/05/dialog.html