Sepak Terjang Bahasa Indonesia di Luar Negeri


Bahasa Indonesia adalah bahasa pokok negara kita, namun masih banyak warga Indonesia yang menganggap bahwa bahasa Indonesia itu tidak penting, atau malu karena tidak semenarik bahasa asing yang lain. Tapi tahukah kalian kalau ternyata bahasa Indonesia itu populer dan banyak dipakai di luar negeri? Benar, lebih dari 45 negara di dunia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya menghargai bahasa Indonesia.

1. Dijadikan Bahasa Resmi Ke-2 di Vietnam 
Di Vietnam, pemerintah daerah Ho Chi Minh City mengumumkan bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007. Dengan ini bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris serta Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan.

2. Wikipedia Bahasa Indonesia yang Menduduki Peringkat Ke-26 di Dunia dan Terbesar Ketiga di Asia
Menulis ensiklopedia bebas di internet semakin digemari masyarakat Indonesia. Bahkan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia Indonesia, telah menjadi ensiklopedia elektronik terbesar ketiga setelah Wikipedia berbahasa Jepang dan Mandarin.

3. Bahasa Indonesia Bahasa Ketiga yang Paling Banyak Digunakan pada Wordpress
Fakta bahwa setelah Spanyol, bahasa Indonesia adalah bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam artikel di situs WordPress. Indonesia pun adalah negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu.

4. Bahasa dan Musik Indonesia Dikirim ke Luar Angkasa
Satelit Voyager adalah sebuah wahana luar angkasa tanpa awak yang diluncurkan amerika serikat tahun 1977 dengan beberapa tujuan yaitu :
- Meneliti luar angkasa lebih dalam dan luar angkasa yang tidak dapat dilihat oleh mata.
- Mencari keberadaan planet yang dapat dihuni.
- Mencari planet yang berpenghuni.
Digerakkan dengan tenaga nuklir, voyager diharapkan mampu mengirim data ke bumi sampai tahun 2025 ( 48 tahun setelah diluncurkan) sebelum pasokan listriknya habis. Jika listriknya habis dan voyager tidak lagi beroperasi, maka misinya dikurangi menjadi 1 yaitu : Memberi tahu keberadaan bumi pada alien yang memiliki teknologi lebih tinggi daripada kita.
Isi dari piringan emas ini dipilih untuk NASA oleh sebuah tim yang diketuai oleh Carl Sagan dari Universitas Cornell. Dr. Sagan dan timnya mengumpulkan 115 gambar berikut sebuah rekaman suara-suara alam, seperti suara ombak, angin, petir, serta suara-suara binatang, termasuk kicauan burung dan suara dari ikan paus. Selain itu, piringan ini juga diisi dengan musik dari berbagai budaya dan era yang berbeda, serta ucapan salam dalam 55 bahasa termasuk diantaranya bahasa Indonesia.
Piringan emas ini juga menyertakan pesan tercetak dari Presiden Jimmy Carter dan Sekretaris Jenderal PBB saat itu, Kurt Waldheim.

5. Paling Populer di Australia
Di Australia, bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer keempat. Ada kurang lebih 500 sekolah pada tingkat pendidikan dasar yang mengajarkan bahasa Indonesia di negara kanguru ini.

6. Menjadi Bahasa Pilihan di Situs Klub Sepak Bola
Siapa yang tidak tahu klub bola Juventus, Intermilan, dan AC Milan. Ya, tiga klub sepak bola di Itali ini telah meluncurkan situs resmi mereka dalam bahasa Indonesia. Hal itu menunjukan kalau Itali juga memiliki minat mendalam terhadap bahasa Indonesia.

7. Lama di Jepang
Di negara matahari terbit ini sudah lama didirikan pusat-pusat studi Indonesia. Salah satunya yang didirikan oleh Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang tahun 1969. Anggota organisasi ini terdiri dari kalangan akademisi Jepang yang mengajar bahasa dan berbagai aspek tentang Indonesia di berbagai Universitas di Jepang. Sejak tahun 1992 organisasi ini mulai melakukan ujian kemampuan Bahasa Indonesia. Saat ini ada beberapa Universitas di Jepang yang membuka jurusan bahasa Indonesia, antara lain Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Sango Kyoto, dan Universitas Setsunan. Sementara yang mengajarkan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pilihan ada lebih dari 20 perguruan tinggi di Jepang.

Sumber: TheCrowdVoiceGambar

This entry was posted on 09 Oktober 2013 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply