Tugas Proyek Smt 5

Di semester lima saya mengikuti praktikum Mikroprosesor dan seperti biasa, dari lab praktikum selalu ada tugas untuk membuat alat. Saya membentuk kelompok berjumlah 4 orang yang anggotanya yaitu Danang, Tri, dan Aji. Kami mendapat tugas membuat Line Tracking Robot (LTR) yaitu robot yang dapat berjalan dengan menyusuri sebuah jalur garis. LTR ini banyak yang bilang termasuk alat yang susah dibuat dan jarang yang berhasil berfungsi dan jalan sesuai seharusnya, tapi kami jalani saja dulu proses membuatnya.

Hari demi hari berlalu, sedikit demi sedikit proses pembuatan alat LTR kami pun mulai ada tanda kemajuan. Danang dan Tri sibuk berbelanja komponen dan membuat rangkaian serta merakitnya, saya sibuk mencari materi untuk bahan artikel serta membuat coding untuk di implementasi ke dalam robot nanti. Dan Aji... saya kurang tahu dia melakukan apa. Yang saya tahu dia bertugas mengeprint makalah yang sudah beres dan menjilidnya.

Hari pengumpulan alat pun mulai mendekat, deadline dijadwalkan pada tanggal 3 Desember 2013, dan kami berhasil membuat LTR yang berjalan dengan benar. Tidak sia-sia usaha kami, walaupun proyek ini cukup menyita waktu dan isi dompet kami, tapi akhirnya alat kami dapat dikumpulkan. Namun ketika hari-H pengumpulan proyek tiba, saat kami mau mengumpulkan alat ternyata ada masalah pada alat kami, yep bagus sekali karena alat kami tidak berjalan dengan semestinya. Untung saja sebelumnya, ketika kami konsultasi ke kakak pembimbing proyek, alat kami yang berjalan dengan baik sudah dilihat oleh dia dan juga sudah kami videokan. Well, proyek alat di semester lima ini mempunyai kesan tersendiri bagi saya.

Brum brumm bruuummmm..

This entry was posted on 06 Desember 2013 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply