http://windows8-drivers.com/wp-content/uploads/2012/07/Metro-Windows-8.jpg |
PRINSI-PRINSIP DESAIN ANTARMUKA
1. Merefleksikan model mental user :
Merefleksikan kombinasi pengalaman dunia riil, pengalaman dari software lain
dan penggunaan komputer secara umum.
2. Explicit and Implicit Action : Explicit
Action adalah kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk memanipulasi
suatu obyek. Implicit Action adalah kondisi yang hanya memberikan kesan visual
untuk memanipulasi obyek.
3. Direct Manipulation : User
mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi.
4. User Control : Mengijinkan user
mengontrol dan menginisialisasi aksi.
5. Feedback and Communication : Selalu
memberitahukan user apa yang terjadi dari suatu aksi.
6. Consistency : User dapat
mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain.
7. WYSYWIG (What You See Is What You
Get) : Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya.
8. Aesthetic Integrity : Informasi
diorganisasikan dengan baik dan konsisten dengan prinsip desain visual yang
baik.
IDE DALAM MEMBUAT DESAIN
Dalam membuat desain baik itu
desain logo ataupun desain lainnya, yang sangat penting dalam mengerjakan
desain idea tau imajinasi. Meniru suatu desain lebih mudah dari pada membuat
suatu ide yang baru. Karena itu seorang didesainer dituntut untuk kreatif dalam
membuat suatu desain.
Ide dengan berbagai macam cara
kemunculannya, sesungguhnya berasal dari dalam diri kita sendiri. Seluruh hidup
kita dipenuhi dengan ide dan potensi lahirnya ide baru. Setiap hari kita
ber-imajinasi, bermimpi, berpikir, berumpama, membuat keputusan, melamun, dan
banyak aktifitas-aktifitas yang membawa kita untuk menemukan ide tanpa kita
sadari.
http://speckycdn.sdm.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2014/04/why_worrying_about_idea_stealing_is_pointless_02.jpg |
Salah satu sumber ide adalah
imajinasi. Imajinasi, menurut Jack Stoops dan Jerry Samuelson, adalah kekuatan
dari dalam diri kita yang memperbolehkan kita untuk mengalami apa yang telah
kita alami, apa yang akan kita alami, dan apa yang tidak akan kita alami;
imajinasi dapat menembus batasan ruang, waktu dan realitas. Imajinasi dapat
membawa kita ke alam fantasi melalui dunia mimpi, yang sebenarnya adalah cermin
dari keinginan dan pemikiran kita yang paling dalam. Kita tidak harus tidur dan
bermimpi terlebih dahulu untuk dapat memperoleh imajinasi, tetapi kita juga
dapat berimajinasi dalam dunia sadar. Imajinasi sangatlah penting bagi seorang
seniman, baik seni murni maupun seni terapan, karena imajinasi tidak
semata-mata gambaran yang hanya berupa illusi, namun imajinasi dapat membuahkan
ide di dalam pikiran kita.
CONTOH DESAIN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
1. Advertising (Periklanan)
Periklanan merupakan salah satu
penggunaan yang paling menguntungkan grafis, seniman sering melakukan
pekerjaan iklan atau mengambil iklan potensial ke account saat
membuat seni, untuk meningkatkan peluang penjualan karya seni. Sebagai contoh :
Membuat kartu nama, Desain Kaos (T-Shirt).
2. Business (Bisnis)
Grafis yang umum digunakan dalam
bisnis dan ekonomi untuk membuat diagram keuangan dan tabel. Istilah Usaha
Graphics mulai dipakai pada akhir tahun 1970, ketika komputer pribadi menjadi
mampu menggambar grafik dibandingkan menggunakan format tabel. Bisnis Grafik
dapat digunakan untuk menyoroti perubahan selama jangka waktu tertentu.
3. Political (Politik)
Penggunaan grafis untuk terang-terangan
politik (kartun, grafiti, seni poster, desain bendera,dll) adalah praktek
berabad-abad lama yang berlangsung hingga hari ini di setiap bagian
dunia. “The mural Irlandia Utara” adalah salah satu contohnya. Seni
melukis di dinding atau tembok yang menceritakan konflik sejarah selama 35
tahun terakhir di Irlandia Utara.
4. Education (Pendidikan)
Grafis yang banyak digunakan adalah
dalam buku teks , terutama yang menyangkut mata pelajaran seperti geografi,
sains, dan matematika untuk menggambarkan teori dan konsep, seperti anatomi
manusia . Diagram juga digunakan untuk label foto dan gambar. Dalam rangka
edukasi, grafis berfungsi secara efektif sebagai bantuan pendidikan dan pelajar
harus mampu menafsirkannya dengan baik.
5. Film and animation (Film dan animasi)
Komputer grafis sering digunakan dalam
sebagian besar film berfitur baru, terutama bagi film dengan anggaran yang
besar. Film-film yang banyak menggunakan komputer grafis diantaranya ada Doraemon, Upin -Ipin , Harry Potter, Spider
Man dan masih banyak lagi lainnya.
DESAIN
GRAFIK
Desain
Grafik berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafik, kata Desain berarti
proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau
merancang. Sedangkan Grafis (dari bahasa Yunani graphikos) adalah titik atau
garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. visual pada permukaan, seperti dinding, kanvas,
layar komputer, kertas dll. Jadi dapat dikatakan Desain Grafik adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar,
angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari
seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen tsb, sehingga dapat
menghasilkan/ menginformasikan pesan yang seefektif mungkin dalam bidang seni
desain.
Filosofi
Desain
Sebuah
filosofi desain adalah panduan untuk membantu membuat pilihan saat merancang
seperti ergonomi , biaya,, fungsi ekonomi dan metode re-desain. Sebuah contoh
dari filosofi desain adalah "perubahan dinamis" untuk mencapai
tampilan elegan atau bergaya yang Anda butuhkan.
Prinsip
Desain Grafis
Desain
grafis memiliki enam buah prinsip yang mendasar. Prinsip-prinsip tersebut
adalah sebagai berikut :
1.Metaphor
(Metafora)
Metaphor
atau metafora adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang
tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan
elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan. Metafora akan membuat
para pengunjung seolah-olah berada di tempat yang sebenarnya, atau bisa
dikatakan juga bahwa metafora dibuat mirip seperti tempat yang dikunjungi.
Contohnya, website suatu toko online yang memiliki metafora, dimana pengunjung
dibawa ke tempat seolah-olah mereka benar ada di toko online tersebut.
2.Clarity
(Kejelasan)
Harus
ada alasan yang kuat/masuk akal dan jelas mengapa menggunakan setiap elemen
yang berada dalam suatu interface yang kita buat,contohnya dalam peletakan
suatu button,pembuat harus memiliki alasan mengapa diletakkan di tempat
tersebut. Penggunaan elemen yang lebih sedikit akan lebih baik.
3.Consistency
(Ketetapan)
Konsistensi
dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography (model form yang digunakan
pada suatu website), teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun
antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform
mungkin memiliki panduannya.
4.
Alignment (Perataan)
Untuk
perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Pada umumnya suatu teks
pada website dimulai dari kiri atas (left alignment), dimana left alignment
akan mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah. Selain itu
dengan menggunakan bantuan garis akan membantu dalam hal perataan. Sembunyikan
garis horizontal dan vertical untuk membantu mengalokasikan komponen
window/jendela. Garis juga membantu menghubungkan hal-hal yang berhubungan dan
memudahkan perataannya.
5.
Proximity
Item-item
yang berkaitan yang ditampilkan bersama pasti memiliki hubungan karena jarak
yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antara item-item tersebut.
6.
Contrast (Keserasian Tampilan)
Keserasian
tampilan yang akan membuat pengunjung web tertarik pada web tsb. Kontras juga
dapat memandu mata pengunjung untuk melihat keseluruhan interface. Keuntungan
dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu
interface. Kontras digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat
digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi
highlight. Dengan mempergunakan geometri dapat membantu pengurutan. Kontras
juga mendukung skimming secara cepat.
Tipografi
(Typography)
berasal dari kata Yunani Typos = bentuk dan
graphein = menulis, merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan
pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, menggunakan gabungan
bentuk huruf cetak, ukuran huruf, ketebalan garis, spasi antar huruf, garis
pandu dan jarak antar baris. Sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan
kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Mengapa Tipografi penting untuk dipahami
dalam Desain Grapik ? Karena Tipografi (pengaturan huruf) mempengaruhi banyak
hal : sebagai contoh estetika dari tampilan penulisan blog, kesan yang di
tampilkan blog, hingga yang terpenting keterbacaan blog. Jika Blog yang
pengaturan hurufnya baik, kesan yang di
tampilkan baik, tingkat keterbacaannya tinggi. Maka, secara tidak langsung pengunjung akan nyaman dalam membaca konten blog
anda dan betah membacanya.
Sumber:
NEW VIDEO BOKEP TERBARU
BalasHapusVideo Tikung
Zona Bokep
Digoda Wanita
Kusuka Video
Kusuka Porno
Digoda Dewasa
Go Bokep