GUI (Graphical User Interface)

Hai, kali ini saya ingin membahas tentang GUI. Apa sih GUI? Apa saja kelebihan dari GUI tersebut? Dan contoh aplikasi apa saja yang berbasis GUI? Mari kita bahas..

Pengertian GUI
GUI adalah singkatan dari Graphical User Interface. Pada komputer terdapat GUI atau antarmuka pengguna secara grafis. Istilah ini bukan hal yang lumrah pada saat awal kemunculan komputer. Namun setelah komputer generasi keempat mulai diciptakan, munculnya televisi berwarna (yang mendorong pada penciptaan layar monitor berwarna) serta evolusi pada perangkat penampil gambar (graphic adapter atau graphic card atau video card) membuat komputer mulai mendapatkan suatu sistem baru.


Secara sederhana, GUI adalah suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan gambar yang tersedia. Pengguna tidak mengetikkan perintah seperti pada komputer dengan Shell atau teks. Dengan GUI, perintah dapat dikonversi menjadi ikon dalam layar monitor yang dapat diklik untuk memulai fungsinya. Sebagai contoh, tentu anda paham dengan sebuah ikon berbentuk kertas dengan huruf W diatasnya kan? Itu adalah ikon untuk menjalankan Microsoft Word, sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengetik. Atau anda pasti familiar dengan tombol di pojok kiri bawah, yakni tombol bertuliskan Start atau logo Windows itu. Segala sesuatu yang anda lihat di Komputer anda saat ini adalah GUI.

Kelebihan GUI
Dengan adanya perkembangan dari GUI ini, tidak memungkiri bahwa penggunaan GUI ini cukup sempurna. Hal ini dapat diketahui dengan adanya kelebihan dan kekurangan pada GUI, diantaranya sebagai berikut:

Kelebihan dari GUI:

  1. Tampilan GUI memiliki desain yang baik
  2. Kemudahan berinteraksi antara user dengan komputer
  3. Penggunaan GUI lebih mudah bagi user
  4. Resolusi gambar dari GUI yang tinggi
Contoh Aplikasi Berbasis GUI
Aplikasi-aplikasi yang ada saat ini hampir semua sudah berbasis GUI, tidak hanya di komputer saja bahkan mencakup ke piranti-piranti yang sehari-hari kita pakai. Di komputer, aplikasi yang berbasis GUI ada banyak sekali, contohnya adalah Ms Word yang saya pakai untuk mengetik tulisan ini atau bisa juga Windows Media Player, Paint, Notepad, Google Chrome, berbagai jenis game, dan masih banyak lagi.

Windows Media Player
Game OSU!

Aplikasi berbasis GUI pada peralatan sehari-hari misalnya adalah mesin ATM. Mesin ini mempunyai tampilan antarmuka (biasanya warna biru dan banyak perintah-perintah) yang mempermudah penggunanya mengoprasikan mesin ini.

http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/08/134584595918358322_300x225.jpg

Kita bisa membuat aplikasi berbasis GUI sederhana dengan menggunakan aplikasi Delphi atau Visual Basic. Disini saya menggunakan Delphi 7.

Aplikasi dibuat menggunakan Delphi 7 by me



This entry was posted on 16 April 2014 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

One Response to “GUI (Graphical User Interface)”